Ø cara membuat meja dan
kursi menggunakan software blender
1.Buka aplikasi blender terlebih dahulu. Tampilan
awal apabila Blender di buka seperti gambar berikut
2. Lalu abaikan dengan mengklik area kerja
blender.
3. Setelah masuk pada bidang kerja blender. Maka
tampilan dasar akan berupa bentuk kubus. Dimana kubus tersebut menjadi bahan
yang akan diolah nanti nya menjadi sebuah objek meja dsb.
4. Seleksi pada object kubus tersebut. Dengan cara
(klik kanan mouse) arahkan pada kubus. Lalu atur searah sumbu X/Y/Z (sambil
menekan scroll pada mouse dan arahkan sesuai sumbu) maka nanti akan
dilihat perbedaannya. Apakah itu melebar kesamping, meninggi keatas, memanjang
dsb.
5. Disini kita membuat meja pada bidang bagian
atas menjadi pipih dan panjang(sesuai selera) dengan menggunakan S+Z
dan S+Y untuk melebarkan object pada meja tersebut.
Sperti gambar berikut bila digambarkan
6. Lalu kita masuk ke menu Edit mode seperti
gambar berikut. Maka otomatis object pada bidang pipih tersebut akan di blok
secara menyeluruh
7. Lalu kita buat garis untuk memdahkan dalam
perotongan pembuatan kaki-kaki pada meja nantinya. Dengan membuat garis searah
dengan sumbu Z, lalu menekan CTRL+R ditambah
dengan menggunakan Scroll pada mouse unutk member perotongan
sesuai jumlah yang kita inginkan. Setelah selesai ketik enter pada keyboard.
8.Lalu kita buat lagi searah sumbu Y seperti
gambar diatas bisa dilihat perpotongaannya.
9.Langkah berikutnya kita beri penanda (titik)
dengan mode faceselect seperti gambar berikut jadinya.
10. Setelah di beri faceselect (CTRL-TAB) yang
berfungsi untuk memudahkan dalam bagian penarikan kaki-kakinya.
11. Lalu kita arahkan ke bawah bagian object yang
akan kita select bidang-bidangnya. Dengan mengklik dan tahan tobol scroll oada
mouse dan arahkan ke bawah object untuk memudahkan select. Bila menggunakan
keyboard desktop bisa menggunakan NUMPAD untuk arah kameranya.
12. Lalu kita select bagian bagian yang nantinya
akan dimuat sebagai kaki-kaki meja. Dengan seleksi tiap sudut object
menggunakan perintah Shift + Klik kanan mouse maka akan tampil
seperti gambar diatas.
13. Setelah sudut bagian bawah terseleksi.
Sekarang kita akan menarik bagian yang terseleksi menjadi kaki-kai meja dengan
menekan huruf E pada keyboard. Lalu arahkan tarik dan
sesuaikan tingginya sesuai keinginan.
14. Lalu kembali ke pada Object mode yang tadinya
adalah facemode. Dengan menekan tombol TAB pada keyboard
15. Bisa dihias atau ditambahkan seperti pemisah
antara kaki-kai meja seperti gambar berikut atau tambah laci dsb
16. Langkah berikutnya kita akan membuat kursi.
Sama seperti cara membuat meja menggunakan pembagian dan faceselect untuk
mempermudah.
17. Kita add terlebih dahulu kubus baru untuk
pembentukan sebuah kursi.
18. Setelah di add à pilih Mesh àCube maka
terdapat kubus baru. Setelah itu kita bentuk pipih terlebih dahulu tetapi tidak
terlalu panjang. Sesuai dengan keinginan.
19. Buatlah alas bangku pipih seperti berikuti
ini.
20. Buatlah seleksi dibagian sisi pojok
masing-masing bidak datar tersebut sebagai kaki-kakinya dan penyangga kursi kea
rah atas.
21. Lalu kita bagi menjadi beberapa bagian
lagi sandaran pada bagian atas dengan menekan CTRL+R sesuai
keinginan. Menjadi seperti ini.
22. Lakukan langkah seperti sebelumnya yaiut
menseleksi dan menarik bidak menggunakan E di keyboard dan
tarik. Seperti gambar dibawah ini
23. Dan letakkan kursi persis mendekati meja. Bila
menggeser objek menggunakan klik kanan pada mouse dan sesuaikan peletakkan.
Bila memutar terdapat gobal mode tanda panah berwarna biru sesuaikan arah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar